Legenda Tampomas Banjarnegara
Seorang peraga pada festival Tampomas, Banjarnegara

Liburan Murah Tapi Mewah? Tampomas Banjarnegara saja!

Posted on

Berliburlah untuk kualitas hidup lebih baik. Kunjungi destinasi wisata tanah air, seperti Bali, Raja Amat. Nabunglah setahun untuk berlibur. Tapi jika berkeyakinan begitu Anda salah besar. Sebab plesiran tidak harus mahal, serius. Saya akan berikan rekomendasi terbaik kali ini.

Bukan hoax, plesiran terbukti bisa membawa kehidupan lebih baik. Penelitian menunjukkan, orang yang stres akan mudah terkena penyakit.

Mulai dari penyakit migrain sampai penyakit dalam yang berat. Untuk itulah, sebaiknya liburan meski 1 hari dalam seminggu. Jangan habiskan uang Anda di ranjang rumah sakit.

Ajal memang di tangan Tuhan, namun mati di tangan kita.  Makanya, usaha semaksimal mungkin untuk bisa memperpanjang umur. 

Berlibur terbukti bisa meringankan stres. Tapi jika harus mengeluarkan dana sampai jutaan. Apalagi menghabiskan uang tabungan 1 tahun namanya boros. Karena liburan tidak harus mahal. Mahal tidak identik dengan liburan.

Bagaimana proses stres menjadi sebuah penyakit?

Stres Terbukti Menjadi Penyebab Kematian dan Penyakit

Rumus sederhananya, stres terjadi karena aktivitas yang sama dan dilakukan terus menerus tanpa henti. Tapi secara ilmiah, stres sebenarnya fenomena  yang umum.

Dilansir dari the Guardian, dokter menemukan hubungan erat antara stres dan penyakit diabetes, jantung, dan stroke yang diderita pasien.

Bahkann 68 persen penderita stres mengakibatkan kematian dini. Ironisnya, kematian dini tersebut diakibatkan stres di tempat kerja.

Sebuah penelitian di Inggris, Swedia, Prancis, Swedia melibatkan 100 ribu orang tanpa penyakit Kardiometabolik, terbukti bahwa tekanan di tempat kerja, dan tidak adanya kontrol mengakitkan kematian dini serta rentan terserang penyakit berat

Stres di tempat kerja setidaknya terjadi karena dua hal: Imbalan yang tidak memadai, dan tekanan dalam pekerjaan serta tidak adanya liburan.

Adapun tanda-tanda serangan stres tersebut adalah sebagai berikut.

Gejala Fisik Stres

  • Otot mulai terasa tegang
  • Leher, punggung nyeri dada
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Sembelit
  • Diare
  • Sakit perut
  • Mulas
  • Detak jantung lebih cepat
  • Kesulitan berkosentrasi
  • Disfungsi Ereksi

Gejala Psikologis Stres

  • Merokok
  • Olahraga berkurang
  • Perjudian
  • Penarikan atau isolasi social
  • Mengepal rahang atau gigi gerinda
  • Mimpi buruk
  • Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Perilaku kompulsif yang terlalu besar
  • Kegelisahan
  • Sedan atau depresi
  • Sifat lekas marah
  • Kegelisahan
  • Kurangnya minat dalam seks Gejala Perilaku
  • Penyalahgunaan alkohol

Ironisnya, pemicu stres tertinggi berasal dari tempat kerja. Bahkan di negara dengan tingkat gila kerja tinggi seperti Jepang, kematian akibat stres di tempat kerja sangatlah tinggi.

Bagaimana dengan Indonesia? sama saja.

Mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, memiliki tingkat stres lebih tinggi daripada yang tinggal di kota kecil seperti Banjarnegara,  Wonosobo dan lainnya.

Sehingga, jika diamati, kebanyakan wisatawan yang datang ke daerah, berasal dari kota besar tersebut. Karena selain di tempat kerja, pada kehidupan sehari-hari pun sudah stres.

Lalu apakah yang tinggal di kota kecil tidak bisa terkena stres? bisa saja. Sebab stres sebenarnya fenomena umum. Yang membedakan levelnya.

Orang yang tinggal di kota kecil tingkat stresnya lebih kecil. Daripada yang tinggal di kota besar.

Tampomas, Banjarnegara: Liburan Murah Penghilang Stres

Terletak di perbatasan Desa Gentansari dan Masaran, Tampomas awalnya adalah sebuah gunung.

Mendengar kata gunung, Anda tentunya membayangkan nuansa hijau membentang dan juga hawa sejuk, serta angin semilir. Semua bayangan Anda benar.

Akan tetapi, tingginya Gunung Tampomas telah hilang. Dan berubah menjadi danau.

Pertama kali mendengar Gunung berubah jadi danau, Anda akan terperangah tidak percaya. Atau Anda akan berfikir tentang jin dan kekuatan sakti, yang memindahkan gunung tersebut. Faktanya gunung itu diubah jadi danau oleh manusia.

Semuanya berasal dari keinginan Presiden Soehato untuk membangun sebuah PLTA di Jawa Tengah, yang akan menghasilkan listrik untuk jawa dan bali.

Maka, tahun 1980 mulailah Gunung Tampomas diledakkan. Dan bebatuannya digunakan untuk membendung Sungai Serayu.

Jejak peledakan tersebut, akhirnya menjadi danau. Dan bisa dijumpai sampai detik ini. Bahkan, danau buatan inilah yang jadi salah satu destinasi wisata Andalannya.

Mengunjungi Tampomas sebaiknya dilakukan pagi atau sore sekalian. Terutama jika Anda yang datang dari luar kota.

Hawa dingin pegunungan, hamparan air danau buatan yang berkilau, serta pemandangan yang asri tentu akan menjadi mood booster terbaik.

Kabar gembiranya, untuk menghabiskan waktu di sini, Anda tidak usah merogoh kocek jutaan. Karena harga tiket masuknya cuma Rp5.000,-oo.

Bukan cuma HTM yang murah, fasilitas wisatanya juga terjangkau dan lengkap. Misalnya naik sampan berkeliling danau, Anda cukup membayar Rp5.000,-oo.

Jangan dikira kalau di Gunung Tampomas tidak ada kolam renang. Di sini baik dewasa maupun Anak-anak bisa berenang sepuasnya. Harga tiket masuk ke kolam renang cuma lima ribu rupiah saja.

Selain kolam renang, daftar fasilitas wisata lengkap ada di list berikut.

Daftar Fasilitas Wisata Tampomas

1. Bersampan di atas Danau

Menaiki sampan bersama kekasih atau keluarga, di atas danau buatan tentu sangat menyenangkan. Apalagi di danau banyak sekali bunga teratainya.

Selain menikmati sejuknya udara, bisa juga berfoto. Tenang saja. Sebelumnya Anda akan dibekali baju keamanan oleh petugas. Makanya, asal Anda tidak sengaja menceburkann diri, tetap aman.

2. Offroad Jeep

Penyuka tantangan, wajib coba yang satu ini. Anda bisa berpetualang di medan gunung menggunkan mobil jeep. Medan yang terjal dan landai, memaksa Anda untuk bertahan dengan adrenalin yang menggelegak.

Ada 3 paket, Anda cukup merogoh kocek 100 ribuan untuk 1 paket hemat. Bahkan route bisa dipilih sendiri.

3. Berenang di Kolam Renang

Sebenarnya lebih cocok buat Anak-anak. Namun dewasa pun bisa. Lelah berputar di obyek wisata, Anda bisa mengajak anak untuk berendam di kolam renang yang ada.

Harga tiket juga murah, cuma 5 ribu rupiah saja.

4. Gazebo

Lelah offroad, berenang, dan lainnya, Anda bisa menyewa Gazebok untuk bersantai  bersama keluarga atau rekan. Di sini, Anda bisa menyewa dengan durasi maksimal 8 jam. Harga sewanya murah.

Gazebo pun bisa digunakan untuk makan bersama sambil foto. Karena pemandangan di sekitarnya tidak kalah keren dari kawasan alas perawan.

Jika ditotal, plesir sehari di Tampomas tanpa makan, Anda cukup merogoh kocek 500 ribuan saja. Dan itu sudah lengkap dengan offroad. Murah kan?

Tentu saja biaya itu tergolong murah dibandingkan dengan biaya obat atau perawatan di rumah sakit. karena Anda terserang strooke. Lalu, kapan akan mulai meningkatkan kulitas hidup jika tidak dari sekarang? Jangan tunggu terserang penyakit berat baru sadar Anda butuh piknik. []

Daftar Pustaka:

Astari, Wulan. 2019. “Studi: Stres Bekerja Berisiko Tingkatkan Kematian Dini pada Pria.” 2019. 29 Juli 2019. Dilihat 12 Januari 2020. <https://tirto.id/studi-stres-bekerja-berisiko-tingkatkan-kematian-dini-pada-pria-efgx>

n.n. 2018. “.Bagaimana Stres Bisa Menimbulkan Penyakit? Sains Menjelaskan.” 2018. Dilihat 12 Januari 2020. < https://sains.kompas.com/read/2018/01/11/190600623/bagaimana-stres-bisa-menimbulkan-penyakit-sains-menjelaskan>

n.n. 2019. ” Tampomas Banjarnegara, Liburan di Tampomas Banjarnegara dalam Waktu Sehari Bisa Ngapain Aja?” 11 Juli 2019. Dilihat 12 Januari 2020. <https://tampomas.id/liburan/liburan-di-tampomas-banjarnegara-dalam-waktu-sehari-bisa-ngapain-aja/>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *