Download bendera merah putih
Ilustrasi bendera merah putih

Sinopsis Novel Merah Putih

Posted on

Novel ini menceritakan perjuangan Ramdhan, bocah berusia 10 tahun mencari orang tua asuh agar dirinya bisa terus sekolah. Ramdhan adalah anak miskin, ibunya merantau ke makasar untuk mencari nafkah, ia ikut kakeknya di Solok, Sumatra Barat. Ramdhan anak yatim.

Awalnya semua berjalan normal, sampai sang guru mengeluarkanya hanya karena tidak bisa beli buku pelajaran. Ia juga di tuduh mengganggu ketenangan kelas serta siswa lainnya karena sering meminjam buku pelaran.

Akhirnya, dengan semangat yang menyala, Ramdhan menemukan jalan agar terus bisa mendapatkan ilmu yaitu dengan berguru ke Surau Tuanku Alamsyah dan membaca di perpustakaan. Namun, ia tidak puas dengan itu saja. Hati kecilnya ingin mewujudkan harapan ibunya agar dirinya sekolah tinggi sampai ke Turki.

Ramdhan menemukan ide, agar ia mencari orang tua asuh. Mulailah ia berjalan mencari orang tua asuh dari kampungnya menuju kota Solok. Nasib membawanya keluar dari kota Solok, bahkan Sumatra Barat. Sepanjang perjalanan ia mengalami banyak kesedihan. Mulai dari di sodomi oleh sopir truk yang di tumpangi, sampai di perbudak oleh juragan yang berjanji akan menyekolahkannya.

Dengan bekal uang 100 ribu hasil menabung setahun. dan 3 stel pakain. Ia berangkat mencari orang tua asuh. Tekadnya kuat. 

Dari Sumatra ia keluar sampai ke Lampung, dari Lampung sampai ke Jawa, semua itu tidak dengan mudah. Ia terlunta-lunta bahkan ditemukan orang pingsan di jalan. Akhirnya, atas pertolongan seorang Kondektur Bus Sinar Jaya, ia bisa sampai di Depok. Jawa barat.

Depok adalah perubahan nasibnya terakhir, ia bertemu dengan pengendara mobil yang sangat perlente dan mewah. Kepada Ramdhan ia berjanji akan menyekolahkan. Ternyata Ramdhan terjebak dipanti asuhan yang bengis di Tangerang. Ia di sekap bersama 30 anak lainnya. Mereka di gunakan untuk mencari uang melalui sumbangan donator.

Nasib membawanya kedalam jurang penderitaan tanpa henti. Setelah sekian lama, Ramdhan dan dua temannya nekat untuk kabur demi menyelamatkan teman yang sakit keras. Ia berhasil kabur. Dan kisahnya di liput oleh media masa.

Dan seorang sahabatnya yang juag wartawan membuat kisahnya jadi semakin terkenal. Bisnis kemiskinan dipanti asuhan Green House. Bahkan menjadi berita besar tanah air.

Setelah berhasil menyelamatkan temannya yang bernama Arini yang sedang sakit keras, ramdhan sendiri meninggal karena serangan jantung. Sebelum meninggal ia menitipkan sebuah seragam merah dan putih kepada sahabatnya, Syafrizal. Seragam itu di bawa dari Solok. Sengaja ia bawa karena keinginannya kuat untuk meneruskan sekolah SD-nya. Merah putih, itulah bekal Ramdhan dalam menggapai asa.

 

Mulai baca novelnya? klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *