Cara membuat mendoan
Sepiring mendoan dengan sambal kecap

Penggemar Mendoan? Ini Lo Resep Tempe Mendoan Purwokerto

Posted on

“Di dunia ini, tidak ada tukang masak yang Andal selain ibu. Namun di dunia ini, tidak ada bumbu  masakan yang enak selain rasa lapar. Karena rasa lapar mendidik Anda untuk menyantap tanpa mengeluh atau memilih”

Mengunjungi Banyumas, rasanya tidak lengkap kalau tidak menikmati mendoan. Meski dia hanya cemilan, tapi selalu jadi klangenan jika berwisata ke Banyumas.

Walau sebenarnya, mendoan tidak hanya dimiliki Banyumas, lebih tepatnya Karesidenan Banyumas. Maka mendoan bisa dijumpai Purrbalinggga, Purwokerto, Banjarnegara. Bahkan kota lainnya pun ada.

Misalnya Wonosobo. Tetapi Wonosobo bukan mendoan, melainkan tempe kemul.

Jika mendoan lembek, tempe kemul lebih krispi, teksturenya keras. Bedanya hanya di teksture. Untuk rasa cenderung mirip antar keduanya, sama-sama gurih.

Sejarah Mendoan Purwokerto

Indonesia kaya akan wisata. Bukan cuma wisata alam yang indah seperti Raja Ampat atau yang lainnya. Namun wisata kuliner pun banyak sekali.

Rasanya, mendeskripsikan keindahan Indonesia dengan kata-kata saja, tidak akan pernah bisa. Anda harus mengunjungi langsung.

Selain wisata alam, Indonesia dengan keberagaman sukunya menghasilkan budaya dan juga kuliner berbeda. Masing-masing kuliner memiliki sejarah tersendiri.

Sebut saja sate kere di Yogyakarta, konon sate ini tercipta karena keinginan makan sate daging tidak bisa. Sehingga mereka membuat sate dari gajih atau lemak. Baik lemak sapi, atau ayam. Akan tetapi, sekarang justru menjadi salah satu kuliner Andalan Yogyakarta.

Mendoan berasal dari kata “mendo” yang artinya setengah matang. Sedangkan “mendoan” artinya digoreng setengah matang. Sebenarnya, melihat dari asal katanya, seharusnya sebutan bukan mendoan saja. Namun, “tempe mendoan.” Karena mendoan” adalah kata sifat.

Mendoan  terbuat dari tempe. Dibuat dengan cara digoreng dengan tepung sampai setengah matang.

Tempe ini tipis sekali. Hanya 4 mili. Makannya, berbeda sekali dengan tempe kemul kota Wonosobo.

Saya mencoba menelusuri di Internet kapan pertama kali mendoan diciptakan. Sampai saat ini belum mendapatkan informasi akurat.

Tetapi, sebuah catatan dari blog diari.masifan.com menyebutkan, kalau mendoan sudah disebutkan dalam serat centini pada Bab 2 dan Bab 12. Padahal bab tersebut settingnya adalah abad 16. Sedangkan Serat Centini sendiri, ditulis awal abad 19.

Beberapa orang menyimpulkan, sebenarnya dari literatur yang ada, mendoan adalah salah satu makanan ringan yang berasal dari Mataram Kuno. Maka, mendoan bukanlah berasal dari Banyumas. Namun dari Surakarta dan Yogyakarta.

Pada beberapa catatan sejarah, tempe pertama kali dibuat dengan menggunakan kedelai hitam. Bukan kedelai putih seperti yang sekarang digunakan.

Meski begitu, kapan tepatnya mendoan diciptakan belum ada keterangan yang pasti.

Walau begitu, tidak seharusnya memperdebatkan asal-usul, sebab mendoan adalah salah satu kekayaaan kuliner nusantara yang wajib kita lestarikan dan banggakan.

Kata “Tempe” sendiri diduga berasal dari bahasa Jawa kuno. Dahulu, makanan yang terbuat dari tepung sagu disebut “Tumpi” dari kesamaan tersebut, kuat dugaan asal-usul nama tempe adalah dari tumpi.

Selain itu, ada juga literature menunjukkan, tempe dibuat pertama kali oleh pendatang Tionghoa. Mereka memroduksi makanan dengan bahan dasar Koji Kedelai dan difermentasikan dengan Kapang Asparagillus.

Kuat dugaan, orang Tionghoa ini yang kemudian menyebarkan teknik pembuatan tempe ke seluruh pulau jawa hingga saat ini.

Karena mendoan tidak dimiliki satu kota saja, maka biasanya penyebutan menyertakan nama kota asal, misal Mendoan Banjarnegara, Mendoan Purwokerto dan lainnya.

Mencicipi sepiring mendoan Purwokerto, Anda tidak perlu datang ke kota ini. Melainkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada banyak resep mendoan tersebar di internet.

Saya mendapatkan resep otentik dari salah seorang teman asli Kota Satria tersebut.

Tertarik mencoba membuat sendiri di rumah?

Bagi yang ingin mencoba membuat tempe mendoan sendiri, silakan coba resep tempe mendoan yang saya tuliskan di bawah ini.

Resep Tempe Mendoan Purwokerto

Untuk membuat mendoan  khas Purwokerto, yang dibutuhkan hanya tepung, tempe tipis. Dan bumbu biasa.

Bahan:

  • 10 tempe Kedelai bisa pakai tempe biasa, tapi iris tipis
  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • Uncang atau daun bawang secukupnya

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Mendoan:

  • Setelah tempe diiris tipis, sisihkan.
  • Selanjutnya buat adonan, adonan dibuat dari tepung beras, tepung terigu, uncang, garam atau penyedap rasa.
  • Nah, jika sudah semua. Panaskan wajan berisi minyak
  • Celupkan tempe ke adonan kemudian goreng sampai semua tempe habis
  • Perlu diingat! tempe mendoan berarti tidak sampai matang ya.
  • Selamat mencoba

Mendoan, biasanya dinikmati bersama cabe, atau sambal kecap. Sepertinya resep mendoan Purwokerto ini sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Ide Usaha dan Analisi Keuntungan

Pada bulan ramadhan atau hari biasa, gorengan menjadi cemilan klangenan untuk banyak orang. Terlebih di bulan ramadhan, banyak sekali orang mencari ini untuk menu buka puasa.

Saya sendiri menyaksikan, kal mendoan bukan lagi menjadi makanan kesukaan masyarakat Banyumas dan sekitarnya. Tetapi sudah menjadi kesukaan orang Indonesia. Masalah ini, tentu saja bisa menjadi ide usaha yang cemerlang.

Perhitungan Modal:

  • 10 Tempe standar Rp3.500 (Iris tipis jadi 3, maka akan jadi 30 biji mendoan)
  • 250 gram tepung terigu Rp3.000
  • Tepung tapioka 150 gram Rp1.500
  • Tumbar dan bawang putih, daun bawang Rp3.000
  • Minyak goreng Rp10.000

____________________________________________________________________________
Total Modal Awal: Rp21.000

1 mendoan dijual Rp1.500

Maka 1.500×30 = Rp45.000

Keuntungan: Rp45.000 (hasil penjualan) – Rp21.000 (Modal) = Rp24.000

Ide Unik Membuat Mendoan Laris Manis

Penjual mendoan sudah banyak sekali. Bagaimana bisa bersaing dengan mereka?

Sebenarnya bersaing secara sehat itu mudah banget. Beberapa mendoan yang viral bisa dicontoh. Misal, menjual mendoan raksasa. Dan memberikan sentuhan lain.

Dengan cara ini orang akan lebih mudah tertarik. Dan kedai Anda akan memiliki daya tarik. Sehingga Anda akan lebih mudah bersaing dan lebih mudah menjadi nomor satu.

Tertarik jualan mendoan? Resep yang saya tulis di atas, bisa Anda coba segera. Baik untuk usaha atau sekedar cemilan di rumah.

Sore ini, sepulang dari kantor akan lebih enak jika ada sepiring mendoan ditemani kopi panas atau teh panas dengan gula batu. Tentu saja akan menjadi mood boster terbaik setelah seharian lelah bekerja. [.]

 

Daftar Pustaka:

n.n.t.t. “Mendoan” dilihat 11 Januari 2020. <https://id.wikipedia.org/wiki/Mendoan >

n.n. 2016. “Asal Muasal Camilan Mendoan yang Lezatnya Tiada Tanding” 2 Desember 2016. Dilihat 11 Januari 2020. < http://www.diary.masifan.com/2016/12/asal-muasal-camilan-mendoan-dari.html>

n.n.t.t “Mendoan Purwokerto Nyigit Kecap.” Dilihat 11 Januari 2020. <https://www.bango.co.id/resep/detail/733/mendoan-purwokerto-nyigit-ngecap>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *