resep sambal korek kemangi
Ilustrasi sambal korek kencur kemangi

Resep Sambal Korek Kencur Kemangi

Posted on

Di Madinah, saya bertemu dengan orang Jawa. Dia sedang melaksanakan umrah. Usai salat dhuhur kami mencari warung makan, dapat. Restauran Pakistan, kami pesan Mutton Biryani. Sajian terhidang, teman baru saya celingukan. “Sambal mana sambal?” saya geleng kepala. Masakan Pakistan mana ada sambal. Biasanya pakai cabe segede ibu jari, diceplus. Nah, teringat peristiwa itu, saya pun membuat sambal. Tapi sambal korek kemangi. Resep sambal korek kencur kemangi akan saya bagikan buat Anda semua.

Entahlah, apakah sambal hanya ada di Indonesia atau negara lain ada. Tetapi, saya sendiri mengira, manusia paling doyan sambal, ya, Indonesia, Saking doyannya, di negeri ini ada sambal sachet. Bukankah ini ajib?

Nah, sambal sangatlah beragam. Dari sambal bawang putih biasa, sampai yang rumit. Saya, sampai detik ini pengen banget beli buku resep sambal Indonesia, karya Chef Agus Sasirangan. Namun belum tercapai. Sebab nampanya dicetak terbatas. Teringat dari kejadian di Madinah dan Buku Resep Chef Agus, pagi ini saya membuat kreasi kecil.

Sebenarnya sudah banyak resep seperti ini. Tapi saya ubah sedikit dan saya tambahkan beberapa bahan kesukaan saya. Misalnya Kemangi.

Akhirnya jadilah sajian kali ini sebuah sambal yang unik.

Resep Sambal Korek Kencur Kemangi

Membuat sambal memang  mudah. Akan tetapi, jika kita tidak paham akhirnya sambal juga cuma seperti ulekan cabe biasa. Untuk itu, Anda harus memberikan sentuhan kecil agar dia memiliki ruh.

Ketika kecil, saya terbiasa makan sambal bawang. Bukan pakai cabe ya, tapi cuma bawang putih dikasih garam, kalau ada penyedap pakai, kalau ngga ya, tanpa penyedap. Karena kami begitu miskin kala itu. Nah, saat besar, saya merasa bosan dengan bau bawang putih. Makanya, saya kreasikan. Dalam resep sambal korek ini, ada beberapa yang saya adaptasi dari masa kecil.

Mari kita simak resepnya. Mulai dari bahannya.

Bahan:

  • 10 gram cabe rawit hijau
  • 10 gram cabe merah
  • 2 siung bawang merah. Kupas, geprek dan bakar sebentar
  • 10 helai daun kemangi
  • 1/2 sendok teh saus tiram cap panda

Cara Membuat:

  • Cabai, bawang merah diulek sampai halus.
  • Kemudian tambahkan saus tiram setengah sendok teh saja
  • Jika sudah halus semua, tambahkan daun kemangi, ulek kasar. Jangan sampai daun kemangi hancur
  • Tambahkan garam dan penyedap
  • Panaskan minyak 2 sendok makan, lalu siram ke sambal
  • Sekarang ulek kembali semua sampai tercampur dengan baik
  • Sajikan dengan ayam bakar atau terong bakar

Nah, mudah bukan? sangat mudah. Bahkan saking mudahnya Anda tidak perlu memiliki skill soal sambal. Makanya, saya yakin Anda bisa membuatnya dalam waktu singkat. Namun meski sambal begitu begitu lezat dan menambah napsu makan, sebaiknya tetap dibatasi agar perut tidak mules.

Resep sambal korek kencur kemangi yang saya hadirkan hanya 1 dari sekian ribu jenis sambal di Indonesia. Jika Anda ingin mendapatkan update seputar sambal, jangan lupa untuk tetap stay di blog saya. Namun yang lebih penting adalah praktek resep yang sudah saya hadirkan. Pagi ini saya sudah praktek, sekarang giliran Anda. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *