resep ayam goreng
Ilustrasi ayam goreng

Resep Ayam Goreng Bawang Simpel dan Praktis

Posted on

Salah satunya adalah ketika bulan ramadhan tiba, contoh menu buka puasa praktis dan sederhana banyak dicari orang. Saya sendiri lebih suka olahan ayam. Selain tidak ribet, gizinya juga bagus. Sehingga, hanya butuh waktu 30 menit untuk memasak ayam goreng. Dan kali ini saya tuliskan resep ayam goreng bawang simpel dan praktis. Tertarik? mari kita simak.

Bulan ramadhan selalu saja mengharu biru bagi saya. Ketika kecil, kami selalu berbuka bersama saudara, sekarang, bukan lagi bersama saudara, karena mereka sudah berkeluarga. Dan salah satu menu favorit kami adalah ayam. Yap, ayam goreng seakan wajib untuk hidangan buka puasa.

Resep ayam goreng keluarga kami seolah sangat rahasia. Meski sebenarnya mudah sekali. Anda hanya perlu beberapa bumbu saja untuk bisa membuat ayam bawang. Bumbu utama tentu saja bawang putih.

Sesuai dengan namanya, bumbu ini sangat mudah dan dibutuhkan dalam jumlah banyak.

Mungkin Anda bertanya, apa rasanya enak? setelah dewasa saya baru tahu kalau resep Mamak dan Bapak, sangatlah istimewa. Dan saya sendiri selalu suka untuk memakainya. Bahkan sampai detik ini.

Resep Ayam Goreng Bawang Simpel dan Praktis

Selain digoreng, ayam juga bisa dimasak dengan berbagai cara. Untuk itulah, saya lebih suka ayam daripada sapi, atau daging kambing. Meski pada beberapa keadaan, daging kambing dan sapi lebih saya sukai.

Nah, ayam goreng di Indonesia, umumnya ribet sekali proses masaknya.

Memang bumbunya meresap dan enak banget. Tetapi, jika menjelang berbuka, memasak tradisional begitu tidak akan cukup.

Sekarang saya tuliskan resep keluarga kami. Yakinlah, resep ini simpel dan tidak butuh skill memasak tingkat tinggi. Tinggal ikuti saja langkah yang saya hadirkan. Semuanya beres.

Bahan:

  • 500 gram ayam dada. Ambil kulitnya. Atau bisa 1 ekor ayam utuh. Kemudian potong sesuai selera
  • 5 sendok makan saus tiram cap panda
  • 100 gram bawang putih cincang
  • Garam secukupnya
  • 1 buah lemon, ambil airnya.
  • 50 gram maizena

Cara Membuat:

  • Tusuk ayam dengan garpu atau bisa pakai pisau agar sedikit terbuka
  • Ayam msaukkan ke panci, kemudian masukkan garam, air lemon dan bawang putih, saus tiram. Diamkan selama 1 jam dalam keadaan tertutup
  • Ambil maizen 50 gram. Sebelum digoreng, ayam taburi dengan maizen tipis-tipis
  • Goreng dua kali. Pertama untuk menggoreng biasa, kedua dengan api besar untuk mematangkan gorengan
  • Sajikan bersama sambal dan lalapan

Sampai di sini sudah bisa kan? mudah kok. Tidak ada yang susah. Berbeda jika dengan model ungkep, ayam bisa hancur, bisa overcoock, macam-macam penyakitnya.

Sayangnya, resep ayam goreng bawang di atas kurang afdol jika tidak dipraktekkan. Makanya, setelah membaca resep ini sebaiknya Anda langsung praktek. Dan pastikan resep ini tidak diketahui Anda saja, makanya klik share pada logo di bawah artikel. Tentu saja agar lebih banyak yang kenal.

1 ekor ayam yang Anda masak, lebih bermanfaat daripada 1 buah dada ayam yang Anda beli. Karena masak sendiri lebih nikmat dan lebih banyak yang kebagian. Jadi, mari kita biasakan sayang keluarga daripada sayang kepada pengusaha ayam goreng yang sudah kaya. Setuju![]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *