Hukum prank dalam islam

Prank! Dosa Paling Lezat yang Jadi Hiburan dan Banyak Dicari Orang

Posted on

“Dengan tangan kirinya lelaki tua itu mencoba memencet nomor Handphone seseorang. Susah payah ia mencoba akhirnya tersambung. Namun jawaban dari seberang membuatnya tersentak. Hari sudah malam. Tenaganya juga sudah lemah, karena sejak pagi keluar dari rumah. Uang 750 ribu tabungannya diambil semua, demi melayani pemesanan makanan pada aplikasi ojek online miliknya. Namun malam itu, ia seperti dicabut tulang belulangnya, sebab si pemesan menolak. Mengatakan dia tidak mau menerima pesanan, karena telat 10 menit.”

Pernah Anda melihat tayangan begitu di Youtube atau Facebook? sering. Bahkan banyak banget. Setelah adegan tukang ojek menangis, kemudian si pemesan keluar. Lalu menjelaskan kalau itu prank!

Endingnya si tukang ojek diajak masuk ke rumah. Diberi uang segepok, selebihnya makanan disuruh bawa pulang. Besoknya video prank tersebut tampil di Youtube.

Si pembuat prank mendapatkan keuntungan dari viral, serta iklan di Youtube. Namun si tukang ojek? hanya 10 juta saja. Selebihnya wajahnya disebar ke seluruh dunia. Ampun deh. Ngga sebanding banget.

Arti Prank Sebenarnya

Prank dalam KBBI artinya senda-gurau, canda ria.  Secara mudah, mungkin candaan, atau guyonan dalam bahasa jawa. Ngeprank artinya ngerjain orang.

Entah darimana asalnya, konten prank di Youtube begitu diminati. Padahal jika ditelisik lebih dalam, aktivitas ngeprank benar-benar tertawa di atas penderitaan orang lain.

Bayangkan! dengan uang 5 juta, perasaan tukang ojek dipermainkan. Tidak sedikit yang menangis, marah, kecewa. Namun apa yang bisa diperbuat mereka?

Saya sendiri, lebih suka menyebut aktivitas prank ojek online atau semisalnya dengan “Kezaliman” karena memang tujuannya untuk itu.

Sampai di sini, Anda paham bukan apa itu prank?

Tidak salah, prank adalah ngerjain orang lain dengan tujuan membuat target jengkel, kesal, jika sudah marah, kemudian dia akan dibertahu kalau itu hanya candaan alias prank.

Ironisnya, prank di zaman digital ini menjadi sebuah hal lucu, menarik, bahkan dicari banyak orang. Tidak sedikit yang kemudian tertawa setelah berhasil ngerjain orang.

Tentu saja, menyebarnya fenomena prank adalah wabah mengerikan yang seharusnya dibendung.

Terbukti, dari sejarah prank, semuanya mengerikan dan memakan korban jiwa tidak sedikit. Masih pantaskah kita menyebut diri kita manusia beradab, kalau kebiasaan mempermainkan perasaan orang lain?

Dari asal-usulnya saja, prank sudah bermasalah.

Sejarah Prank!

Masih simpang siur, ada beberapa sejarah tentangnya. Namun prank diambil dari kebiasan pada 1 April. Yang biasanya disebut April mops.

Saya ringkaskan dari Wikipedia, begini,

April Mops adalah sebuah momentum yang diadakan tiap tanggal 1 April tiap tahunnya. Pada 1 April Mop, orang boleh menipu, membuat lelucon dan mengerjai orang lain, baik tetangga, keluarga atau yang lainnya tanpa dianggap  bersalah.

Di Inggris, Australia, Afrika Selatan, April Mop diadakan sampai siang hari saja. Namun berbeda dengan di Amerika Serikat, Prancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, boleh dilakukan sampai malam.

 

Dari kebiasaan itu muncullah istilah prank. Yang sebenarnya berasal dari bahasa inggris. Lalu kapan April Mop ada pertama kali? Banyak perdebatan. Ada yang mengatakan dari Yunani, Romawi dan banyak lagi.

Darimana pun asalnya, dan bagaimana pun itu, budaya berbohong seharusnya jangan dilestarikan.

Karena bohong sudah pasti merusak.

Rusaknya April Mop dan Prank

Pertama kali menonton video prank, teman saya bisa tertawa ngakak. Namun saya justru ngeri. Karena prank yang pertama saya tonton sangat berbahaya.

Bayangkan! ada seorang lelaki yang membuat dirinya seolah-olah mati terbunuh. Lengkap dengan kepala palsu, seolah ia dipenggal.

Di tempat itu juga, pembunuhnya membawa golok. Kemudian seseorang menelphone kakaknya. Dan kakak panik serta histeris saat melihat jasad adiknya bersimbah darah. Kepalanya putus dari badan.

Saat melihat si pembunuh, kakak semakin panik, akhirnya loncat dari atas rumah. Untung saja tidak bablas ke akhirat. Hanya cidera ringan.

Jika ditelusur, prank memakan korban nyawa bukan cuma di zaman sekarang. Jauh sebelumnya, 100 tahun yang lalu pun sudah terjadi.

Anda bisa mencari bukti kalau prank memang rusak. Bukan hanya di zaman sekarang, di masa lalu prank juga sudah memakan korban jiwa. Masih dari Wikipedia, saya rangkum beberapa kejadian mengerikan akibat prank ini.

Daftar Korban Prank di Seluruh Dunia

  • 1 April 1946. Karena termakan dengan kebiasaan prank dan April Mop, setidaknya 165 orang mati karena menganggap peringatan tsunami sebagai berita bohong. Kejadian ini di Hawai dan Alaska
  • 1 April 1984, seorang penyanyi Amerika Serikat bernama Marvin Gaye, mati ditembah ayahnya. Orang tidak menolong karena menganggap itu hanya prank
  • Seth Stonerock dan Derek Greenlee ditangkap polisi Ohio, karena menutupi papan tanda berhenti. Karena beberapa kecelakaan terjadi
  • Tyzen bens adalah anak berusia 13 tahun. Namun ia gantung diri setelah mendapati pesan prank kalau pacaranya juga sudah gantung diri
  • April 2018 seorang Youtuber Indonesia, dihukum membersihkan taman setelah tertangkap melakukan prank menjadi pocong dan meresahkan warga. Kejadian ini di Jakarta Selatan
  • Reality show prank dari sebuah stasiun televisi swasta Indonesia membuat ibu hamil nyungsep karena dikejar kuntilanak

Tak terhitung kejadian mengerikan akibat prank. Dilihat dari definisinya saja, prank sudah rusak sekali. Tak heran jika kemudian merenggut nyawa orang.

Prank Dalam Pandangan Islam

Dari definisinya saja sudah bisa diketahui, kalau prank bukan dari budaya islam. Melainkan dari budaya kafir. Sehingga, seorang muslim haram melakukannya.

Sahabat Abdurrahman Abi Laila bercerita, beliau mendapatkan informasi dari beberapa sahabat nabi. Suatu ketika beberapa sahabat melakukan perjalanan bersama Nabi Muhammad Alaihi shalatu wassalam. Hingga di sebuah tempat, ada sahabat yang tertidur.

Para sahabat menggendongnya, membawanya ke atas bukit hingga orang tersebut bangun akibat kaget. Tahu apa kata nabi?

Para sahabat yang melihatya tertawa, namun nabi justru marah. Beliau bersabda, “Tidak halal seorang muslim menakuti muslim yang lainnya” (HR. Ahmad, Abu Dawud)

Tetapi di zaman sekarang, menakuti orang lain justru menjadi santapan lezat, karena menghasilkan uang. Apakah begitu akhlak seorang muslim?

Islam agama penuh kasih. Kehormatan orang kafir pun dijaga. Ancaman menggangu wisatawan kafir pun ada dasar hukumnya. Ancamannya ngeri, “Tidak akan mencium bau surga.” padahal surga bisa tercium dari jarak yang mudah sekali.

Ar rosul yang mulia bersabda, “Barang siapa yang membunuh kafir dzimmi, ia tidak akan mencium baru surga. Padahal surga bisa tercium baunya dari jarak 40 tahun.” (HR. An-nasa’i)

Apa sih kafir dzimmi? kafir dalam islam dibagi  4:

  1. Musta’man. Adalah orang kafir yang mendapatkan jaminan perlindungan dan keamanan dari pemerintah muslim, Muahad. Adalah kafir yang melakukan perjanjian untuk tidak berperang dalam waktu tertentu,
  2. Dzimmi. Orang kafir yang tinggal di negeri muslim dan membayar upeti tiap tahunnya.
  3. Harbi: Adalah orang kafir yang memerangi kaum muslimin dengan senjatanya. Kafir jenis inilah yang boleh diperangi, karena mereka secara nyata memerangi kaum muslim. Namun memerangi dengan senjata dan itu harus jelas.

Kembali kepada masalah prank, tidak seharusnya seorang muslim mencari uang dengan jalan kezaliman seperti membuat konten prank. Dari hadis di atas, jelaskan sudah bahwa islam mengutuk perbuatan prank. Apalagi tujuannya demi mencari uang semata.

Menyedihkan, di era digital seperti sekarang, kaum muslimin justru memburu konten prank. Lezatnya dosa akibat menzalimi orang, tidak lagi dirasakan. Wajarkan kalau saya menyebut Prank Dosa Paling Lezat yang Jadi Hiburan dan Banyak Dicari Orang [.]

Daftar Pustaka

  • Maman, Huda. 2018. “4 Kasus prank berakhir tragis” Tanggal 6 September 2018, dilihat 9 Januari 2020. < https://www.brilio.net/creator/4-kasus-prank-di-indonesia-yang-justru-berakhir-tragis-aac3cf.html >
  • Rania, Darin. 2018. “6+ Aksi Iseng Berujung Maut yang Nggak Boleh Kamu Tiru. Niat Bercanda Malah Hilang Nyawa!” 15 Februari 2018. Dilihat 9 Januari 2020. <https://www.hipwee.com/hiburan/6-aksi-iseng-berujung-maut-yang-nggak-boleh-kamu-tiru-niat-bercanda-malah-hilang-nyawa/>
  • n.n.tt.“April Mop” dilihat 9 Januari 2020. <https://id.wikipedia.org/wiki/April_Mop>
  • Nurbaits, Ustaz Ammi.  2016. “Hukum Prank” 28 Januari 2016, dilihat 9 Januari 2020. <https://konsultasisyariah.com/26368-hukum-prank.html>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *