Jenis kopi robusta Temanggung yang enak

6 Jenis Kopi Terkenal di Dunia ini Ternyata dari Indonesia

Posted on

Tahu ngga sih Jenis Kopi Indonesia banyak banget yang enak. Bahkan 7 jenis di antaranya mendunia. Konon Starbuck yang terkenal itu juga pakai kopi Aceh. Tapi bukan cuma Aceh, ada banyak daerah lain yang kopinya mendunia.

Jika kalian ingin belajar roasting atau sekedar brewer, sebaiknya pelajari juga jenis kopi yang enak dan direkomendasikan. Yah, menurutku sih semua jenis kopi Indonesia enak. Yang membedakan hanya roasterynya saja. Meski sebenarnya jenis kopi dan roaster pun berkaitan erat.

6 Jenis Kopi Terkenal Indonesia

Kita simak mulai yang pertama!

1. Robusta Temanggung

Jenis kopi robusta Temanggung yang enak

Ada yang menganggap Robusta adalah jenis kopi nomor 2. Karena itulah sebagian orang memarjinalkan. Namun, Robusta Temanggung justru sudah mendunia. Rasa pahit serta tembakau, membuatnya menjadi khas.

Maka ngga heran kalau banyak orang mencarinya. Rasa tembakau dikenal karena sebagian besar ditanam bekas tembakau. Nah, kamu pernah coba Robusta Temanggung? coba deh, jangan sampai ngga tahu, apalagi kalau kamu ngakunya pecinta kopi. Kabarnya kopi ini sudah diekspor sampai ke Eropa lo. Jangan heran ya, kalau suatu saat kamu melancong ke Eropa, eh, ternyata minum kopi Temanggung, Jawa Tengah.

2. Arabika Flores Bajawa

harga arabika flores bajawa

Sudah diekspor sampai ke Amerika Serikat, lo. Kopi jenis ini memiliki cidity rendah. Namun begitu, taste coklatnya cukup bagus. Selain itu, body tebal.

Nah, penggemar V60, sudah pasti wajib coba yang satu ini. Dia juga cukup digemari kok, di Indonesia. Makanya, jangan sampai ngga tahu ya. Kira-kira, kalian suka yang mana nih? lalu apa ngga ada kopi enak lain dari NTT?

Jawabannya ada. Namun yang terkenal ya ini, Flores Bajawa. Silakan deh icip-icip.

3. Kopi Liberika Rangsang Meranti

Kopi meranti yang enak dan terkenal

Menurut data dari pemerintah Riau, kopi ini sertifikat indikator grafis. Nah, hebatnya lagi, kopi ini sejak lama digandrungi di Singapura dan Malaysia. Mungkin bagi kalian yang tinggal di pulau jawa, agak jarang dengar. Bukan berarti dia ngga keren.

Buktinya dua negara tetangga berlangganan. Bagi yang sudah pernah tahu, pasti ngga akan melupakan. Kira-kira berapa harga 1 ons yang sudah diroasting ya?

4. Kopi Arabika Java Ijen Raung

Harga Kopi Arabika Java Ijen Raung

Arabika lagi. Yang satu ini cukup terkenal di kalangan Home brewer. Bahkan saya sendiri suka. Namun saya lebih suka diseduh dengan tubruk kalau ini. Entah mengapa rasanya lebih beda. Nah, bagi yang sudah biasa tentu paham.

Awal ekspor hanya 1 kontainer, namun berikutnya 43 kontainer. Dan sekarang menjadi idola dunia. Ada yang bilang, kopi ini juga jadi andalan di starbuck selain Aceh Gayo. Pernah icip? coba de tulis komentar kamu di kolom komentar.

5. Kopi Arabika Toraja

harga Kopi Arabika Toraja

Rasa asam rendah. Kopi dari Tanah Toraja ini jadi langganan negara Jepang dan Amerika Serikat. Harganya stabil namun soal rasa, dijamin suka.

Para home brewer pasti sudah paham yang satu ini. Sensasi pahitnya unik ditambah dia memiliki citarasa yang beda, yakni ada rasa tanah hutan. So, inilah salah satu alasan mengapa orang Jepang dan Amrik suka.

Pernah coba? coba deh tulis komen kamu.

6. Gayo Aceh

Harga Kopi Arabika Gayo Aceh

Bukan cuma Arabikanya, robustanya juga digemari dunia. Rasa Robustanya cendeung tipis bodinya. Pahitnya juga beda banget. Sekilas menurutku sih agak mirip Bali Pucaksari. Nah, kabar baiknya Gayo sudah diekpsor sampai ke Amerika Serikat dan banyak dunia.

Starbuck, kabarnya punya kebun di sini. Keren, kan? ngga usah diperjelas kalau yang satu ini. Kamu pasti sudah paham.

Pusat Belanja Kopi Terbaik di Bandung

Selama ini saya sendiri kesulitan belanja kopi untuk kebutuhan pribadi. Pertama karena roastingnya yang kadang beda. Kedua soal harga. Nah, namun selama 4 tahun ini saya selalu belanja online di Fry and roast.

Selain harga murah, kualitas roasting pun keren. Dia berpengalaman 50 tahun lebih. Bisa jadi generasi sekarang adalah generasi ke 3.

Jika kalian ngobrol sama ownernya, kalian akan dilayani dengan ramah, murah. Kayak sama temen sendiri.

Yang di Bandung bisa ke workshop langsung. Namun, dia juga punya lapak di Marketplace, semakin mudah kalau mau belanja. Bagi yang ingin belanja online di Fry and roast, cek lapak di bawah ini.

Alamat Lapak Fry and Roast Bandung

  • Tokopedia : https://www.tokopedia.com/fryandroast
  • Shoppe: www.shopee.co.id/fryandroast
  • Bukalapak: www.bukalapak.com/roaster
  • Instagram: https://www.instagram.com/fryandroast/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *